TIPS BAGI SOLO TRAVELING

“To awaken alone in a strange town is one of the pleasantest sensations in the world.”
– Freya Stark –

Solo traveling?? Siapa takut!
Begitu jawaban saya jika ada yang bertanya mengapa saya sering pergi berlibur sendirian ke Luar Negri.
Siapa bilang solo traveling itu tidak asik…

Ungkapan solo traveling tidak menyenangkan itu pasti dilontarkan oleh mereka yang belum pernah menikmati serunya pergi berlibur dan berpetualang sendirian. 
Mengeksplorasi berbagai tempat wisata yang indah dan menarik seorang diri itu berbeda nikmatnya dengan beramai-ramai.
Pengertian solo traveling bagi saya adalah, liburan yang memang senggaja diniatkan pergi sendiri, jalan-jalan sendiri, nginap sendiri dan pulang kembali ke tempat tujuan sendiri.

Solo traveling merupakan tantangan tersendiri dan kesempatan untuk uji nyali pergi sendirian mengunjungi berbagai tempat di seluruh dunia atau tempat asing yang baru pertama kali didatangi. Ada sensasi-sensasi kebahagiaan jika berhasil mengatasi rasa khawatir dan menakhlukkan berbagai hal di tempat yang baru pertama kali dikunjungi.
Yang dibutuhkan jika melakukan solo traveling hanya niat, keberanian dan mental yang kuat untuk menghadapi berbagai perbedaan dan bahkan mungkin kejutan yang tidak diduga-duga selama traveling seorang diri.

Sebelum berangkat, sempatkan untuk mengetahui dan mempelajari kebudayaan negara setempat agar tidak terkaget-kaget dalam menghadapi situasi yang sama sekali berbeda dengan yang biasa ditemui dan dihadapi disini.

Setiap tempat berbeda pasti akan membutuhkan adaptasi yang berbeda juga, jadi persiapkan mental dengan baik.
Saat solo traveling tidak boleh merasa minder dan malu, anda harus percaya diri saat berhadapan dan berkomunikasi dengan orang-orang baru yang ditemui di perjalanan.

Selain itu Penting untuk melatih Kemampuan Membaca MAP, Kemampuan Menguasai Keadaan, Kemampuan Diplomasi, Kecepatan Berpikir dan Membuat Keputusan, serta Kekuatan dalam Mengingat yang nanti akan sangat berguna selama di perjalanan.

PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT
Ada beberapa persiapan yang wajib dipenuhi sebelum berangkat bepergian ke negara tujuan.

1. Dokumen Perjalanan Lengkap (Paspor, Visa, Surat-Surat Penting)

2. Tiket Pesawat dan Kereta
3. Bookingan Hotel + Alamat Hotel
4. Schedule atau Itinerary Perjalanan
6. Mata Uang Negara Tujuan
7. Kartu ATM, dan Kartu Kredit jika dibutuhkan
8. Pakaian dan Sepatu Sesuai Musim di Negara Setempat
9. Obat-obatan
10. Kebutuhan Pribadi
11. Ponsel, Charger, dan Perlengkapan Photography
Untuk koper jika akan singgah di banyak tempat sebaiknya membawa 1 koper yang ukuran sedang dan tidak diisi terlalu berat. Kecuali anda sudah paham bagaimana mengurus banyak koper sekaligus cara membawanya saat berpindah pindah negara tujuan, atau cara mengirim koper-koper tersebut ke Indonesia dari negara setempat yang memiliki ketentuan dan harga pengiriman berbeda-beda pula.

Catatan untuk yang membawa tambahan handbag, koper kecil atau ransel saat berangkat dari Jakarta atau saat berpindah kota di Luar Negri, sementara bisa dimasukkan ke dalam koper besar sehingga lebih ringkas pada waktu naik turun alat transportasi.

TIPS BAGI SOLO TRAVELING SEBELUM BERANGKAT LIBURAN KE KOTA TUJUAN
Setelah menentukan kota tujuan wisata, googling MAP kota yang akan didatangi. Kemudian MAP tersebut disimpan di Notes berikut alamat hotel dan schedule perjalanan di kota tujuan.

Walaupun nanti setiba di kota tujuan kita bisa langsung mendapatkan MAP di bandara atau Hotel, tetapi ada baiknya sebelum berangkat kita sudah mengetahui informasi tentang kota yang dituju.

Jadikan MAP yang sudah digoogling tadi sebagai acuan untuk melakukan pemesanan hotel dan menpersiapkan transportasi setiba di kota tujuan, sekaligus menandai tempat-tempat wisata yang akan didatangi.

Jadi sebelum memesan hotel, dicek lokasinya lewat MAP hotel berada dimana.

Saran saya untuk solo traveling pilih lokasi hotel yang aman, strategis dan berada di pusat kota.

Contoh: BARCELONA

Pusat Keramaian Kota Barcelona berada di La Rambla dan Passeig de Gracia. Kemudian sebelum berangkat, anda bisa mencari Hotel lewat situs-situs website di radius lingkaran merah di sekitar jalan La Rambla dan Passeig de Gracia.
Map Kota
Persiapan melalui MAP ini sangat bermanfaat jika kita baru pertama kali mendatangi kota tujuan.

Setidaknya kita sudah mempunyai sedikit gambaran tentang kota tersebut. Jadi setiba disana kita tinggal menjalani saja tujuan-tujuan wisata yang diinginkan.
Cara seperti diatas membuat saya tidak pernah takut traveling sendirian kemana pun… Saya justru menjadi antusias, dan seakan-akan sudah Deja Vue saat tiba di kota tujuan, dan ini sangat menyenangkan!
TIPS UNTUK SOLO TRAVELING SETELAH TIBA DI KOTA TUJUAN

Setiba di Bandara tujuan segera cari transportasi menuju ke Hotel. Saat check in di Hotel, anda dapat sekalian menanyakan MAP Kota dan brosur wisata. 


Brosur Tempat Wisata

Setelah check in lalu istirahat sejenak di kamar. Ingat, saat ini anda sendirian dan harus selalu fit, kuat dan jangan sampai sakit… Jadi harus istirahat yang cukup, makan 3 kali sehari, dan dapat membagi waktu alias tidak terlalu memforsir diri agar tidak lelah diperjalanan nanti.
Setelah istirahat, anda dapat memulai perjalanan liburan solo traveling yang akan menjadi pengalaman berharga di dalam hidup anda.

Keluar dari hotel, yang pertama harus dilakukan adalah mencari makanan, atau bisa juga makan di hotel. Baru setelah itu siap untuk mengeksplorasi berbagai tempat wisata yang selama ini menjadi impian.

Saya jamin tidak akan merasa kesepian karena begitu banyak hal menarik disekeliling anda yang akan membuat sibuk, dan akan sangat menikmati liburan solo traveling ini.

Bagaimana Cara Berfoto Saat Solo Traveling?

Berfoto di Grand Arc de la Defense, Paris

Selain menggunakan Camera dan Tongsis, tentu anda juga ingin berfoto seluruh badan di tempat wisata impian.
Caranya adalah:

1. Meminta tolong pada penduduk setempat atau turis lain untuk memotret anda. Jangan merasa malu karena semua turis juga melakukan hal yang sama. Ini adalah hal yang lazim saat traveling.
2. Saat sedang berada di Cafe atau Restaurant bisa meminta tolong pada pelayan Cafe dan Restaurant. Mereka dengan senang hati akan menolong karena ini juga lazim dilakukan oleh banyak turis.
3. Jika menggunakan Taxi, kita dapat meminta tolong pada supir Taxi agar membantu memotret. Setelah perjalanan selesai, jangan lupa diberi tips.
4. Membawa Tripod. Kemudian setel Camera untuk memotret secara otomatis, atau disetel agar terkoneksi melalui ponsel. (Sumpah ini ribet banget bagi pejuang selfportrait!)
Keuntungan dari Solo Traveling adalah anda bebas mengatur tempat tujuan wisata yang akan didatangi, bebas mengatur waktu kapan berangkat, kapan kembali, dan berapa lama ingin berada di tempat yang diinginkan.

Selain itu solo traveling juga bebas menentukan budget untuk hotel, makanan dan transportasi yang dipilih. Solo traveling juga bebas menentukan kegiatan dan hobby yang dilakukan tanpa terikat dengan orang lain.
Liburan Sambil Nonton F1 Monaco Grand Prix di Monaco

Ibaratnya mau ngapain aja bebas tanpa perlu berkompromi dengan orang lain… 

Ini liburan lho! Jangan dibikin tidak nyaman gara-gara konflik hal sepele jika bepergian dengan orang lain…

Liburan harus dinikmati maksimal sesuai keinginan kita sendiri.
Untuk budget traveling setiap orang berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan life style liburannya.

Untuk menghitung badget dapat dimulai dari pilihan transportasi dan akomodasi selama liburan seperti hotel, tempat makan dsbnya. Itu belum termasuk shopping dan membeli souvenirs di setiap negara yang disinggahi.

Yang paling penting, persiapkan juga dana cadangan untuk Plan B seandainya Plan A yang sudah dipersiapkan tidak berjalan sesuai rencana.
Life style liburan ada yang simple, standar, nyaman, sangat nyaman dan yang sangat mewah atau dengan kata lain ada yang murah, standar, mahal, dan sangat mahal. Pilihan seutuhnya ada di tangan anda yang hendak pergi berlibur.
Banyak hal-hal menakjubkan saya temui selama perjalanan solo traveling yang memperluas wawasan dan menjadi pengalaman yang sangat berharga dalam hidup saya.

Saya juga bisa belajar nilai positif dari budaya dan kebiasaan setempat.
Intinya solo traveling itu sangat berkesan dan menyenangkan! Setidaknya anda harus coba sekali dalam hidup anda… Happy vacation!

Published by

Riana Rara Kalsum

Created by Riana Rara Kalsum. Riana Rara Kalsum has a great passion for traveling, cafés, and lifestyle. She loves writing and reading. Here, you will find her travel and authenthic café experiences along with beautiful photos and inspirations. Email: rianapamuncak@gmail.com