SOLO TRAVELING ITU MENYENANGKAN!

 Liburan adalah saat yang menyenangkan. Waktunya untuk pergi ke tempat impian dan menjelajahi berbagai objek wisata menarik. Liburan merupakan momen untuk merealisasikan semua mimpi-mimpi menjadi kenyataan.

Hakikat liburan adalah kita lepas dari segala rutinitas sehari-hari, dan bebas melakukan apa yang saja yang kita inginkan. Kepuasan akan tercapai jika kita bisa menentukan seluruhnya sendiri. Seperti membuat rencana, menentukan tempat wisata yang akan didatangi, mengatur waktu, budget, akomodasi dan transportasi. Ibaratnya, nanti mau pergi kemana, berapa lama, ngapain aja, semua ada dalam genggaman kita tanpa tergantung orang lain.

Jika bepergian ramai-ramai semua hal harus didiskusikan bersama dan seringkali harus mengikuti suara terbanyak, sehingga akhirnya kita merasa tidak puas karena harus mengalah dan pengorbankan keinginan pribadi. Bagi saya tentu ini bukanlah hal yang menyenangkan disaat liburan. Kebebasan membuat keputusan sendiri adalah hal utama, dan paling penting dalam liburan saya.

Penting diingat bahwa ini adalah liburan, kita sudah meluangkan waktu untuk traveling jangan sampai tidak enjoy dan happy! 
Banyak sekali hal-hal positif jika berani pergi berlibur sendirian. Berlibur sendiri melatih kemandirian sehingga tidak tergantung pada siapapun, belajar berpikir cepat dan membuat keputusan secara tepat, mengasah keberanian dan melatih sensitifitas.

Published by

Riana Rara Kalsum

Created by Riana Rara Kalsum. Riana Rara Kalsum has a great passion for traveling, cafés, and lifestyle. She loves writing and reading. Here, you will find her travel and authenthic café experiences along with beautiful photos and inspirations. Email: travelcafediary@gmail.com