FONDATION LOUIS VUITTON, PARIS

Fondation Louis Vuitton dibuka untuk publik pada bulan Oktober tahun 2014. Bangunan seluas 3800 meter persegi ini dirancang oleh arsitek terkenal Frank Gehry dan pembuatannya disponsori oleh perusahaan raksasa Louis Vuitton. Desain Fondation Louis Vuitton terlihat fantastis dengan gaya kontemporer, atau disebut juga gaya arsitektur deconstructivism dengan ciri-ciri bangunan yang dibuat tidak simetris dan tidak ada keharmonisan pada permukaan bentuk dan struktur.

Fondation Louis Vuitton adalah sebuah galeri dan museum seni budaya. Bangunan ini juga menjadi wadah kreatifitas, serta sering mengadakan pameran seni dari karya-karya seniman kontemporer. Seluruh isi dan barang yang dipamerkan di Fondation Louis Vuitton tidak ada kaitannya dengan rumah mode Louis Vuitton. Tidak satu pun koleksi Louis Vuitton dapat ditemukan di galeri dan museum seni ini.

Fondation Louis Vuitton merupakan bangunan spektakuler yang didesain dengan sangat cermat dan memiliki presisi yang tinggi. Hampir seluruh bangunan dirancang menggunakan elemen kaca dengan warna-warna yang menarik. Sedang di bagian bawah terdapat sebuah kolam dengan sistem air yang turun melewati puluhan anak tangga. Seorang penjaga siaga berdiri diujung kolam selama jam buka Fondation Louis Vuitton.

Pengunjung yang masuk ke bagian bawah akan ditemani oleh musik aliran zein yang menenangkan sepanjang perjalanan, sehingga dapat mengapresiasi dan menilai benda-benda seni yang dipamerkan dari sudut pandang masing-masing.

Fondation Louis Vuitton juga memiliki fasilitas cafe, yaitu Café Le Frank dengan arsitektur modern dan kontemporer yang disediakan bagi pengunjung yang ingin beristirahat sambil menikmati makanan dan minuman. Cafe ini juga dirancang oleh arsitek Frank Gehry menggunakan ornamen kaca dan hiasan ikan yang digantung dibagian langit-langit cafe. Dari sini pengunjung dapat memandang Jardin d’Acclimatation yang berada di luar Fondation Louis Vuitton. Pilihan lainnya adalah duduk di teras cafe yang langsung berada di area taman dengan pemandangan menakjubkan langsung ke arah Fondation Louis Vuitton dan Jardin d’Acclimatation. Jadi jika anda ke Paris jangan melewatkan untuk mampir dan menikmati sebuah pengalaman istimewa berada di sebuah tempat spektakuler yang mencatat sejarah seni modern dan kontemporer dunia.

Published by

Riana Rara Kalsum

Created by Riana Rara Kalsum. Riana Rara Kalsum has a great passion for traveling, cafés, and lifestyle. She loves writing and reading. Here, you will find her travel and authenthic café experiences along with beautiful photos and inspirations. Email: travelcafediary@gmail.com