REVOLUSI KOPI DI PARIS

photo Source: Google

Tulisan Riana Rara Kalsum

Perancis tidak saja terkenal karena menjadi penggagas revolusi pertama yang telah mengubah wajah dunia kita hari ini… Di Paris bahkan juga telah terjadi, Paris Coffee Revolution, atau Revolusi Kopi di Paris. Sebuah perubahan besar-besaran dalam mengapresiasi kopi telah terjadi di Paris.

Barista profesional mengambil alih pembuatan kopi di cafe-cafe. Secara ekstrim kopi tidak lagi hanya sekedar minuman, tetapi kopi adalah penghargaan terhadap diri sendiri dengan memberikan yang terbaik. Kopi-kopi berkualitas tinggi didatangkan dari seluruh dunia dan diolah menurut jenisnya, yang masing-masing cara pembuatannya berbeda pula.

Source: Google

Café La Caféoteque adalah cafe yang menjadi pelopor revolusi kopi di Paris. Cafe yang dibuka pada tahun 2005 inilah yang pertama kali membuat perubahan besar-besaran, baik dari cara memanggang kopi, pemilihan biji kopi, penyajian, teknik cupping, desain cafe dan pola pikir dalam memilih dan meminum kopi. Cafe modern milik Gloria Montenegro ini berhasil mengubah tatanan cafe di Paris hingga kemudian jejaknya diikuti oleh munculnya cafe-cafe baru yang sejenis. Dalam waktu singkat Café Coutume, Le Lomi, BK Caféshop, Le Télescope dan puluhan cafe baru lainnya ikut membuat perubahan yang signifikan dalam sejarah kopi di Paris.

Sejak Revolusi Kopi di Paris sekolah-sekolah Barista ramai diminati. Ribuan Barista handal yang piawai dalam teknik membuat kopi menyebar di seluruh Perancis. Bahkan teknik cupping menjadi trend yang dikuasi oleh banyak penikmat kopi di Paris. Teknik cupping adalah seni menghirup aroma kopi, menyeruput, hingga meneguk kopi melalui 6 tahapan berbeda. Melalui teknik cupping penikmat kopi dapat menilai karakteristik aroma, keasaman, kekentalan dan cita rasa kopi.

Saat ini cafe-cafe di Paris banyak memberikan kursus singkat cupping dan Barista. Untuk cupping waktunya sekitar 2 jam hingga 30 jam untuk profesional. Sungguh menarik bukan? Kecintaan pada kopi membuat penikmat kopi tidak puas hanya menikmati kopi sekedar sebagai minuman, tetapi juga mempelajari seluk beluk teknik membuatnya, hingga mengenal berbagai jenis kopi dan budaya asalnya. Yeah, coffee lovers… Sejarah baru tentang kopi telah dimulai di Paris…

Published by

Riana Rara Kalsum

Created by Riana Rara Kalsum. Riana Rara Kalsum has a great passion for traveling, cafés, and lifestyle. She loves writing and reading. Here, you will find her travel and authenthic café experiences along with beautiful photos and inspirations. Email: rianapamuncak@gmail.com