INI KOPI PRAGUE!

Kota Prague dipenuhi bangunan-bangunan bergaya arsitektur periode gothic dan renaissance. Bahkan hingga ke setiap sudut kotanya begitu mempesona… Berada di Prague rasanya seperti sedang berada dalam sebuah museum besar. Kemana pun kaki saya melangkah, sering terhenti karena ingin mengabadikannya dalam foto dan menyimpannya sebagai kenangan…

Sebagai kota bersejarah, Prague didatangi banyak wisatawan dari berbagai negara. Old Town Square yang terkenal menjadi favorit pengunjung dan tak pernah terlihat sepi… Apalagi di Prague Astronomical Clock, butuh kesabaran saat mengantri saking banyaknya pengunjung yang ingin berfoto di depan jam besar tersebut.

Di Town Square juga dijual berbagai souvenirs khas Ceko yang dapat dibeli sebagai kenang-kenangan dan dijadikan oleh-oleh. Bentuknya sangat unik dan menarik. Ada jam kayu berukir Prague Astronomical Clock, boneka dengan baju tradisional Ceko, berbagai model asesoris dengan batu-batu cantik, kristal, botol parfum dengan hiasan kristal, tempelan kulkas, gantungan kunci dan masih banyak lagi.

Asesoris dengan model yang unik di Old Town Square

Toko Kristal di Old Town Square

Setelah belanja souvenirs, jangan lewatkan mampir ke cafe-cafe dan kios makanan khas Ceko. Saya sangat menyukai kue, roti dan cakenya. Hampir semuanya bercita rasa manis dengan sedikit tambahan kayu manis sehingga wanginya sudah tercium dari jauh… Siapa coba yang tidak tergoda?

Roti khas Ceko

Pemandangan senja paling romantis berada di Charles Bridge… Jembatan yang membelah kota Prague ini disepanjang sisi kiri dan kanannya dipenuhi patung-patung bergaya arsitektur periode baroque. Lampu-lampu cantik yang berderet disepanjang jembatan semakin menambah romantis suasana… Dikedua ujung jembatan tampak berdiri dengan megah dua menara tinggi bergaya gothic.

Charles Bridge

Charles Bridge

Charles Bridge berada di atas sungai Vltava. Dipinggir sungai ada tempat indah untuk menikmati makanan dan minuman dengan pemandangan menakjubkan ke sungai Vltava dan Prague Castel. Namanya Marina Grosseto Ristorante. Jika menyukai suasana romantis, restaurant ini adalah pilihan tepat untuk didatangi.

Marina Grosseto Ristorante

Marina Grosseto Ristorante

Tentu saja saya tak melupakan acara ngopi-ngopi cantik… Cafe-cafe di Prague selalu penuh dengan pengunjung. Walaupun jenis kopinya tidak banyak, tapi minum kopi di disini mengasikkan sekali… Banyak cafe dengan latar belakang panorama indah. Kebayang kan serunya? Duhh jadi kangen ingin balik lagi hehehe…

Salah satu tempat minum kopi dengan pemandangan spektakuler berada di Prague Castel. Diatas ketinggian puncak bukit kita bisa minum kopi sambil menikmati berbagai macam pangganan khas Ceko.

Prague Castel

Minum Kopi di Prague Castel

Suasana semakin nyaman karena di sekeliling Prague Castel terdapat taman-taman indah dengan pohon-pohon rindang di sisi bukitnya. Coffee lovers harus kesini karena kalimat saya rasanya tak pernah cukup untuk menceritakan keindahannya…

Cafe paling terkenal di Prague adalah Cafe Imperial. Menurut sejarahnya, cafe dengan interior bergaya Art Deco ini dibangun pada akhir abad ke 19. Cafe ini mempunyai ciri khas hiasan mosaic yang memenuhi bagian dalam cafe. Selain menyajikan kopi, cafe ini juga menyajikan berbagai jenis masakan Ceko.
Pilihan cafe-cafe populer lainnya di Prague adalah Cafe Ebel, Chocoffee, Tricafe, Muj Salek Kavy, Cafe Lounge, Cafe Louvre, Cafe-Cafe, Cafe Creperie Pod Vezie, dan Choco Cafe U Cervene Zidle.

Keistimewaan di Prague adalah minum kopi plus disuguhi panorama indah bangunan-bangunan bergaya gothic dan renaissance. Kita serasa berada di abad 14 dan 15, lalu meloncat ke abad 18 periode keemasan baroque. Berpindah-pindah dimensi menjadi bagian sejarah hingga tiba di abad 21 saat memandang Dancing House yang kontemporer. Ini yang membuat ngopi di Prague tak terlupakan!

Jadi, judul tulisan saya; “Ini Kopi Prague!” adalah kopi plus panorama fantastis yang tidak akan ditemui di tempat lain. Betul-betul berbeda!
Prague mempunyai kesan mendalam bagi saya… Masyarakatnya baik hati walaupun tidak ramah. Mereka memang tidak suka basa basi, dan ekspresinya serius. Saya sempat mengobrol dengan orang-orang di Prague, dan ternyata mereka menyenangkan…

Dalam sebuah kasus saya memang pernah mengalami kejadian tidak enak karena tertipu supir taxi, tetapi itu mungkin karena lagi sial saja. Setelah kejadian tersebut, dimana pun berada saya semakin hati-hati agar kejadian tersebut tidak terulang lagi.

Published by

Riana Rara Kalsum

Created by Riana Rara Kalsum. Riana Rara Kalsum has a great passion for traveling, cafés, and lifestyle. She loves writing and reading. Here, you will find her travel and authenthic café experiences along with beautiful photos and inspirations. Email: rianapamuncak@gmail.com