MAKEUP, SKINCARE, DAN PERLENGKAPAN YANG WAJIB DIBAWA SAAT TRAVELING

Traveling adalah saat yang menyenangkan. Kita memiliki kesempatan untuk mendatangi berbagai objek wisata indah dan membuat dokumentasi foto-foto yang menarik di tempat yang kita sukai. Nah, siapa sih yang tidak ingin tampil menarik saat difoto? Siapa sih yang tidak ingin kulitnya tetap terawat selama perjalanan? Dan yang paling utama tetap sehat, bugar dan berenergi, ya kan?

Yes! Biarpun lagi liburan harus tetap cantik dong! Salah satu penunjangnya adalah menggunakan makeup dan skincare yang tepat. Artinya, gunakan makeup dan skincare sesuai iklim dan cuaca tempat yang akan kita datangi. Misalnya, bawa pelembab yang kadar airnya tinggi pada saat cuaca dingin agar kulit tetap segar dan tidak kering. Begitu pula saat musim panas, kurangi kosmetik yang berbahan dasar minyak dan berglitter agar tidak terlalu mengkilat saat berada di ruang terbuka.

Ketika liburan musim panas bulan Juli 2015 di Spanyol saya pernah mengalami hal ini hingga berakibat fatal pada kulit, akibat memakai obat dokter yang tidak cocok dengan iklim di luarnegri yang sedang sangat panas. Akhirnya muka saya jadi merah dan mengelupas.

Selain tidak bagus difoto, rasanya juga tidak nyaman, malah bisa bikin bad mood seharian. Sayangkan kalau sudah begini… Liburan jadi terganggu dan tidak maksimal menikmatinya… Yaaa namanya juga perempuan, hal-hal sepele bisa jadi demikian berpengaruh.

Setiba di Paris, saya segera konsultasi, dan dianjurkan menggunakan scrub yang dapat mengembalikan kondisi kulit saya. Dan dalam 2 hari kulit saya langsung mulus luusss tanpa cela… Hahahhaa… Duhh legaaaa…

SKINCARE



Pertama dan paling penting dibawa saat traveling adalah moisturizer (pelembab muka). Moisturizer ini besar sekali pengaruhnya terhadap kulit kita selama dalam perjalanan. Perubahan cuaca perlu disiasati dengan menggunakan moisturizer yang tepat. Jenis kulit saya adalah dry skin (kering), jadi saya menggunakan moisturizer yang kadar airnya tinggi (hydratant). Pilihan saya menggunakan produk dari Clarins dan Estee Lauder, dan sudah 3 tahun terakhir ini sangat cocok dan aman untuk kulit saya. Walaupun terkadang memakai obat dari dokter kulit, tetapi setelah perawatan selesai saya kembali lagi menggunakan produk Clarins dan Estee Lauder.
Selain menggunakan pelembab, saya juga membawa body lotion, oil, sunblock, dan pembersih wajah seperti susu pembersih, face tonic, kapas, tissue basah dan sabun cuci muka. Semua saya usahakan membawa dalam botol kecil agar segera habis selama perjalanan dan dapat membeli produk baru di kota yang saya datangi.

Buat yang lain, dapat menggunakan produk yang cocok dengan kulitnya masing-masing. Setiap kulit berbeda jenis dan perawatannya. Apa yang cocok buat saya, belum tentu cocok bagi orang lain, begitu pula sebaliknya. Mahal dan murahnya sebuah produk bukan berarti produk tersebut cocok di muka kita. Jadi yang terpenting kulit tetap sehat dan terawat selama perjalanan.

MAKEUP

Yeaayyy… Ini produk favorit saya! Rasanya paling antusias menyiapkan peralatan makeup yang dibawa, memilih warna, dan touch up manja di perjalanan hahahaha… Ssssttttt… Tapi kamu juga kan? Hayooo ngakuuuu…

Makeup yang dibawa buat liburan tentunya lebih simple, dan saya usahakan membawa makeup yang wadahnya kecil agar tidak berat di perjalanan. Uhmmm… Selain itu saya mempunyai misi mulia membeli makeup baru yang lagi heiiiitttsss di kota tujuan… Setuju ngga sama saya? Setuju dooonggg yaa…yaa…yaa… hehhehe…

Yuuk kita bongkar makeup apa saja yang saya bawa selama traveling…

1. Foundation

Foundation memiliki banyak fungsi, diantaranya dapat menyempurnakan makeup dan membuat makeup tahan lama di wajah. Selain itu foundation juga memiliki manfaat sebagai pelindung kulit dari sinar matahari dan cuaca yang berubah-ubah, serta iklim perasaan yang juga terkadang bisa berubah-ubah… Hahahha yang terakhir becanda ya!
Foundation favorit saya selama traveling adalah foundation berjenis cair, ringan dan mudah pengaplikasiannya. Foundation ini juga harus tetap kelihatan bagus, dan pastinya harus terlihat keren difoto juga dong… Nah, saya biasanya membawa foundation merek YSL Touch Eclat karena kelihatan bagus di dunia nyata dan di dunia tidak nyata eehh… maksudnya di dalam foto-foto Instagram dan media sosial saya yang lainnya…😄😄

Oiya, walaupun memiliki beberapa merek cushion tapi ketika saya gunakan traveling saat winter sepertinya kurang cocok untuk kulit saya yang berjenis kering. Terakhir saya beli cushion YSL di Paris, dan di saat udara dingin bikin kulit jadi makin kering… Alasan ini yang membuat saya jarang menggunakan bedak. Biasanya saya memakai bedak hanya dibagian tertentu saja, atau untuk membaurkan warna blush on.

2. Concealer

Produk andalan banget nihh guys! Concealer sangat membantu menghilangkan kantung mata, dan agar mata tetap terlihat cerah serta kelihatan fresh selama traveling. Saya selalu membawa 2 warna concealer dari merek MAC. Pertama yang berwarna lebih gelap dari kulit saya, dan kedua yang berwarna sama atau lebih terang dari warna kulit saya.

Produk yang juga bagus saat traveling adalah concealer dari Revlon. Saya punya 2 warna yang nude dan medium light (nomer 002 dan 003). Sekali oles langsung kantung mata tersamarkan. Asikkan!

3. Bedak

Sehari-hari saya tidak memakai bedak, dan membawa bedak hanya untuk membaurkan blush on, daaaan bercermin! Hanya itulah fungsi bedak bagi saya yaa dear friends… Bedak yang saya bawa untuk traveling adalah Chanel Vitalumier yang kadar airnya paling tinggi tapi tetap kurang nampol buat kulit kering saya…

3. Pinsil Alis 

Saat traveling saya hanya membawa 1 pinsil alis berwarna coklat merek Sephora atau MAC. Saya membuat alis seadanya saja mengikuti model alis yang sudah disulam. Simple banget kan…

4. Eyeliner 



Ada tiga warna eyeliner yang selalu saya bawa, hitam, biru dan putih. Tiga warna ini pokoknya saya banget deh! Mau lagi trend atau engga, intinya udah ngga bisa ke lain hati lagiiii… *Lebay Dikit*
Eyeliner membuat mata terlihat lebih ekspresif dan penampilan wajah secara keseluruhan menjadi lebih cerah. Yups… Apapun kondisinya, eyeliner solusinya! 
Eyeliner hitam yang sering saya gunakan merek Maybelline (saya sampai beli 3 sekaligus). Saya suka karena warna hitamnya yang tajam banget, ngga luntur dan pengaplikasiannya sangat mudah. Poin pentingnya eyeliner Maybelline ini ngga luntur walaupun mata melirik kesana kemari beribu-ribu kali… Yaiyalaaah… Kan judulnya traveling masa ngga lihat apa-apa… 

Eyeliner warna biru biasanya saya aplikasikan di bagian bawah mata agar mata saya terlihat cerah dan segar. Selain itu, terkadang mata yang kurang tidur dan lelah di perjalanan seketika terlihat fresh dengan warna-warna cerah di bagian mata.
Alasan lainnya, jika menggunakan eyeliner warna hitam di bagian bawah mata, saya merasa jadi terlihat agak galak. Sedangkan kalau ngga pakai eyeliner jadi terlihat pucat. Akhirnya saya menggunakan warna-warna cerah atau eyeshadow warna coklat muda.
Eyeliner biru yang saya bawa untuk traveling dari merek Yves Rocher, atau merek lain yang biasanya sudah setengah pakai agar segera habis di perjalanan. Kebiasaan sering keselip dan kehilangan makeup saat traveling membuat saya ngga membawa semua yang high brand. Paling sering kececer biasanya pinsil alis, eyeliner dan lipliner hehhehe…

Eyeliner warna putih wajib saya gunakan setiap makeup. Penggunaan warna putih di bagian dalam mata bawah ini membuat wajah secara keseluruhan lebih fresh. Apalagi di foto… Ughhh mantap jiwa!

5. Eyeshadow

Setiap traveling saya hanya membawa 1 palette eyeshadow warna-warna netral, dan 1 eyeshadow warna gold. Merek eyeshadow favorit saya Chanel atau YSL. Kedua merek ini menempel dengan baik di kulit saya, tahan seharian, dan tetap terlihat bagus diaplikasikan di segala cuaca dan musim apapun. Top banget deh!

Oiya, sedikit bercerita aja nihhh… Saya ngga sebutin merek yaa hehehe… Ketika liburan kemaren saya membeli palette eyeshadow yang sedang hits banget di kalangan pecinta makeup… Tapi apa yang terjadiiiii… Baru sekali pakai, palette-nya jatuh dan eyeshadow-nya hancur berantakan… *sediiiihhhh* Sepertinya palette tersebut hanya menang nama dan promosi yang gencar dan gahar, tapi kualitasnya zero huhh!!

6. Mascara dan Eyelash

Saya lebih suka menggunakan mascara yang bukan waterproof karena lebih cepat menghapusnya setelah seharian jalan-jalan. Terkadang kalau jetlag, saking ngantuknya saya bisa langsung tidur tanpa menghapus makeup. Buat saya, yang penting mascara-nya bisa membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan tebal saja.

Mascara yang saya bawa selama traveling dari merek Rimmel. Wadahnya yang catching jadi gampang terlihat jika saya sedang terburu-buru bermakeup.
Untuk eyelash saya lebih sering membeli di kota tujuan alias sering lupa bawa… Saya menggunakan eyelash sekaligus untuk mata bagian atas dan bawah agar terlihat lebih ekspresif ketika difoto yang akan menjadi dokumentasi perjalanan saya. Terkadang saya tambah lagi mascara diatas eyelash biar semakin membahana sampai keluar galaksi bimasakti, gitu lho guys…

7. Blush On

Saya paling suka blush on warna pink. Membuat wajah saya jadi merona manja gitu yaa kaaaaannn…

Blush on yang sering saya bawa saat traveling dari brand MAC. Saya suka karena wadahnya simple dan tahan banting di segala kondisi. Apalagi MAC  memiliki banyak warna blush on cantik… Semua warnanya suka!

8. Lipstik dan Lipgloss

Ini dia produk favorit yang ngga mungkin terlupakan dan wajib banget saya bawa kemana pun saya pergi…
Ngga kebayang deh kalau benda satu ini terlupakan… Bisa kiamat dunia persilatan tante! Hahhah!

Lipstik favorit saya yaitu Chanel berwarna merah muda dan agak glossy. Sedangkan untuk lipgloss-nya saya menggunakan Chanel warna yang sama. Saya menggunakan jenis glossy karena kulit dan bibir saya jenisnya kering sehingga lipstik jenis matte membuat bibir saya terlihat semakin kering. Lagipula saya juga kurang suka jika bibir saya terlihat matte kecuali untuk di foto, atau situasi tertentu yang waktunya tidak lama. Setelah itu buru-buru saya tambahkan lipgloss lagi.  
Saat traveling saya jarang sekali bawa lipliner. Biasanya saya membeli lipliner di kota tujuan, dan kemudian langsung digunakan. Entah kenapa saya sering kehilangan lipliner di perjalanan, jadi saya ngga terlalu terobsesi dengan memiliki berbagai warna lipliner. Ujung-ujungnya nanti tercecer juga…

PERLENGKAPAN TRAVELING YANG JUGA WAJIB DIBAWA


1. Vitamin C

Selama traveling setiap hari saya mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi 1000 mg agar selalu sehat dan penuh energi. Saya ngga bisa membayangkan jika traveling sendirian dari pagi sampai malam tanpa minum vitamin C, bisa-bisa seminggu udah drop… Cuaca yang berubah-ubah, landscape yang naik turun, atau bahkan terkadang harus jalan kaki mengitari istana yang sangat luas… Misalnya seperti saat saya berada di Maroko. Luas istananya berhektar-hektar, dan saya harus memutari seluruhnya baru bisa tiba di pintu keluar. Dan semua saya jalani di tengah panas 42 derajat celcius! Duhh! Pengen pingsan tapi ntar malu-maluin hahahaaa…

Semua bisa berjalan dengan baik karena saya ngga pernah lupa minum vitamin C 1000 mg selama liburan guys! Tapiiii… setelah liburan saya langsung stop karena juga tidak baik jika vitamis dosis tinggi dikonsumsi secara terus menerus.

2. Parfum

A woman’s perfume tells more about her than her handwriting.

-Christian Dior-

Setuju banget dengan pendapat Christian Dior di atas… Parfum bagi saya secara tidak langsung menunjukkan karakter seseorang. Dengan mencium wanginya saja orang dapat menebak karakter penggunanya. Itu sebabnya saya sering menggunakan parfum yang sama terus menerus walaupun saya juga mengkoleksi berbagai jenis parfum. Setiap bepergian biasanya saya akan membeli kembali parfum-parfum kesukaan saya ini. Dari semua parfum, favorit saya adalah Mademoiselle Chanel, dan parfum ini selalu setia ikut kemana pun saya pergi. Desain botolnya yang simple juga memudahkan saya saat dibawa traveling. 

3. Eyewear



Saya bisa bad mood jika traveling tanpa kacamata hitam. Selain berfungsi melindungi mata dari sinar matahari, kacamata hitam juga membuat penmpilan jadi lebih stylish. Makanya saya sering pake kacamata hitam dalam ruangan hehhehe… Eiitsss ada yang lupa guys! Kacamata hitam juga bisa jadi penangkal tatapan-tatapan genit para brondong, sekaligus emak-emak tukang nyinyir yang suka sirik ituuuhhhh… hihihi…


4. Softlens




Setiap bepergian kemana pun saya selalu menggunakan softlens sebagai pengganti kacamata karena mata saya minus 0,75. Yaaa…ngga lucu dong kalo judulnya traveling tapi pandangan kabur alias ngga jelas karena mata yang minus… Soooo softlens jadi benda wajib juga yang harus selalu saya gunakan.

5. Topi

Topi bisa membuat tampilan jadi stylish dan fashionable dalam sekejab. Baju yang simple sekali pun langsung terlihat modis ketika ditambah dengan topi. Jadi jangan ragu gunakan topi ya guys! Yang penting percaya diri dan be yourself! Yakin bahwa kamu keren, dan dunia akan melihat kamu juga keren… Okaaayyyy…

6. Wig

Omaigaaaad!! Don’t hate me because I am beautiful! Boleh aja dong pakai wig selama liburan, biar selalu terlihat rapi tanpa perlu banyak buang waktu meluruskan dan blow rambut. Jika kamu senang mengerjakannya sih tidak masalah, tapi saya paling ngga betah ngeblow rambut, belum lagi makeup, dan menyiapkan ini itu… Jadi saya pilih yang simple dan langsung terlihat keren dooonggg aahhh…

7. Scarf dan Shawl


Awalnya scarf dan shawl dibuat sebagai penghangat leher ketika cuaca sedang dingin atau berangin. Tetapi seiring perkembangan fashion, scarf dan shawl juga berfungsi sebagai aksesoris yang akan menambah chic dan stylish penampilan… Kini siapa saja, dimana saja, dan kapan saja, semua orang dapat menggunakan scarf dan shawl sebagai aksesoris. Ya, dengan menambahkan scarf atau shawl maka pemakainya seketika terlihat lebih fashionable!
Ketika traveling saya juga selalu menggunakan scarf dan shawl koleksi saya. Kebetulan saya mengkoleksi berbagai scarf dan shawl dengan berbagai model, dari yang etnik, unik hingga stylish. 

8. Accessories

Riana Rara Kalsum wears top, skirt, accessories from Chanel Boutique

Aksesori merupakan salah satu faktor penunjang utama agar penampilan tetap modis dan keren. Entah itu kalung, gelang, anting dan beragam aksesori lainnya. Baju yang modelnya simple dapat menjadi luarbiasa keren dengan tambahan aksesori yang tepat. Jadi tunggu apalagi? Gunakan koleksi aksesorimu saat traveling ya guys!

Dear beautiful friends… Intinya saat traveling, nikmatilah perjalanan tersebut… Bersenang-senanglah… Lakukan hal-hal yang membuat hari kamu bahagia… Jangan takut bereksperimen dengan makeup dan style yang kamu suka dan betul-betul ingin mencobanya! Sekali lagi, yang penting tetap percaya diri dan jadi diri sendiri… Berani bersikap berbeda dari yang biasa-biasa saja itu dapat terlihat super keren! Percayalah ada banyak orang tulus yang akan lebih menghargai kita dengan sikap tersebut, guys! 

Sekian dulu tulisan saya tentang makeup, skincare, dan perlengkapan saat traveling. Semoga bermanfaat, dan ikut happy membacanya yaa… Saya senggaja menulis dengan gaya yang fun sebagai rasa kangen pembaca (ge-er) yang sudah lama menantikan tulisan baru saya di Blog ini (makin ge-er) 😄😄🤣🤣🤣

Okay guys… Smile, have fun and enjoy life! xoxo

Published by

Riana Rara Kalsum

Created by Riana Rara Kalsum. Riana Rara Kalsum has a great passion for traveling, cafés, and lifestyle. She loves writing and reading. Here, you will find her travel and authenthic café experiences along with beautiful photos and inspirations. Email: rianapamuncak@gmail.com