COLMAR, FRANCE

Setelah sekian lama berniat mengunjungi Colmar di Perancis, akhirnya pada tanggal 3 Januari tahun 2016 keinginan tersebut tercapai juga. Rasanya saya bahagia sekali karena tempatnya sangat indah dengan berbagai bangunan-bangunan menarik yang terawat dengan baik.

Colmar berada di perbatasan Perancis dengan Jerman dan Swiss. Dari Paris ke Colmar jika menggunakan kereta sekitar 3 jam.
Saat itu saya berangkat dari Basel, Swiss menuju Colmar dengan menggunakan kereta selama 50 menit perjalanan.

Stasiun Kereta di Colmar

Kereta saya tiba di Colmar sekitar jam 8.00 pagi. Saya segera keluar stasiun dan check in di Le Grand Hotel Bristol yang tepat berada di depan stasiun kereta agar besok sore tidak repot membawa beberapa koper sekaligus kembali ke stasiun untuk menuju ke Paris.

Le Grand Hotel Bristol

Setelah check in saya menaruh seluruh barang-barang di hotel. Tak sabar ingin segera mengunjungi berbagai tempat menarik di Colmar. Setelah mengambil beberapa brosur objek wisata di lobby hotel, saya pun keluar dengan membawa perlengkapan fotografi untuk mengabadikan keindahan Colmar.
Tempat pertama yang saya datangi adalah taman yang berada tak jauh dari hotel, bernama Parc du Champs de Mars. Taman ini terlihat sangat asri dan segar dengan bunga-bunga cantik dibeberapa tempat yang tetap berbunga di musim dingin.

Parc du Champs de Mars

Parc du Champs de Mars


Parc du Champs de Mars


Parc du Champs de Mars

Parc du Champs de Mars

Parc du Champs de Mars

Parc du Champs de Mars


Parc du Champs de Mars

Menjelang siang saya mampir untuk makan di Restaurant L’Amandine yang menjual masakan tradisional khas Colmar. Disini wajib mencoba dessert Tarte ala Rhubarbe yang super lezat dan terkenal di Colmar.
Di pintu masuk saya sudah disuguhi berbagai pemandangan cake dan tarte yang menggiurkan. Rasanya semua ingin dicoba…

Restaurant L’Amandine


Potée Alsacianne L’Agneau et Boeuf

Tarte ala Rhubarbe

Restaurant L’Amandine

Di restaurant ini sambil menunggu pesanan makanan tiba, saya sempat berbincang-bincang sejenak dengan seorang bapak tua penduduk asli setempat yang sedang menunggu teman-temannya datang.
Bapak ini berumur sekitar 70 tahunan dan masih terlihat bersemangat dan ceria. Beliau bercerita bahwa setiap minggu masih berkumpul sekedar bertukar cerita sambil makan dan minum bersama teman-temannya. Beliau juga bercerita banyak tentang tempat wisata menarik yang harus saya datangi di Colmar.
Menyenangkan sekali bertemu dan mengobrol dengan penduduk lokal. Sangat inspiratif dan menambah wawasan saya tentang kota yang saya datangi.

Setelah makan saya pun permisi untuk melanjutkan perjalanan mengunjungi tempat-tempat indah di Colmar.
Sore ini saya mendatangi Vieux Colmar atau kota tua untuk mengamati berbagai bangunan menarik.

Vieux Colmar

Vieux Colmar


Vieux Colmar


Vieux Colmar

Vieux Colmar

Senja di Vieux Colmar

Gereja Tua di Vieux Colmar

Hari beranjak malam, saya segera ke Petite Venise de Colmar yang termasyur.
Disebut Petite Venise de Colmar karena ada kanal-kanal indah di kota tua yang dilewati oleh perahu-perahu dengan pemandangan spektakuler dan restaurant cantik berhias aneka bunga disisi sungai yang membelah kota Colmar. Sungguh menakjubkan!

Petite Venise de Colmar

Petite Venise de Colmar

Petite Venise de Colmar

Malam ini saya kembali ke hotel untuk makan malam khas Colmar yang terkenal di Restaurant Hotel, yaitu Restaurant L’Auberge Colmar. Setelah makan malam saya segera beristirahat agar fit saat melanjutkan perjalanan kembali keesokan harinya untuk menikmati berbagai kuliner menarik di Colmar.

Le Grand Hotel Bristol

Escargot di Restaurant L’Auberge

Boucheè a la Reine, masakan terkenal khas Colmar di Restaurant L’Auberge.

NOTED: Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi yang ingin berwisata ke Colmar, Perancis.

Published by

Riana Rara Kalsum

Created by Riana Rara Kalsum. Riana Rara Kalsum has a great passion for traveling, cafés, and lifestyle. She loves writing and reading. Here, you will find her travel and authenthic café experiences along with beautiful photos and inspirations. Email: travelcafediary@gmail.com