BARCELONA, NEGERI EKSOTIS DENGAN BERAGAM KEINDAHAN

I stood before the ocean at sunset, the waves as audiences to my peace, and felt how blissful and euphoric life can be free of distraction.
-1stCitizenKane-

  
Touch Down! Holla Barcelona!!
Tanggal 13 Juli 2015, Pesawat Qatar Airways yang aku tumpangi mendarat sekitar pukul 1 siang di Bandara Barcelona El Prat Airport, Barcelona Spanyol.

Spanyol adalah negara yang mempunyai banyak kota cantik dan istimewa dengan berbagai objek wisata menarik yang layak dikunjungi.
Pada musim panas bulan Juli 2015 ini aku berkesempatan kembali mengunjungi kota Barcelona dan Valencia yang akan aku tulis secara terpisah.

DAY 1

Setiba di bandara aku melepas penat sejenak di sebuah cafe sambil meminum kopi. Tidak seperti biasanya, aku tak ingin berlama lama duduk di cafe karena ingin segera menjelajahi dan menikmati eksotisme kota Barcelona yang terkenal.

Dengan menggunakan taxi dari bandara aku menuju hotel tempatku menginap dan melakukan check in. Setelah meletakkan barang-barang dan beristirahat sebentar, aku mulai merencanakan perjalanan sore ini. Aku tidak ingin terlalu lelah dan memaksakan diri mengunjungi berbagai objek wisata di hari pertama kedatanganku. Akhirnya aku memutuskan untuk berjalan-jalan di sepanjang La Rambla dan mendatangi sebuah gereja gothic yang indah.

La Rambla, Barcelona

Gereja Gothic, Barcelona 

Disekitar gereja gothic yang berada tepat di belakang La Rambla banyak terdapat restaurant, cafe, toko coklat dan toko souvenirs yang menarik. Aku membeli beberapa barang unik dengan motif mosaic, replika dari desain Gaudi yang merupakan ciri khas Barcelona. 
Tak terasa hari telah beranjak malam, aku meninggalkan gereja dan kembali ke La Rambla untuk makan malam. Pilihanku malam ini adalah dinner khas Spanyol. Sebuah restaurant menarik perhatianku karena dipenuhi oleh antrian pengunjung. Akhirnya aku ikut mengantri karena penasaran dengan menu yang disajikan. 

Makanan khas Spanyol dengan daging sapi dan kentang yang lezat

DAY 2

Buenos días, Barcelona! Hari yang indah. Saatnya mengeksplorasi berbagai tempat menarik di Barcelona. Rasanya aku bersemangat sekali pagi ini dan bersiap mengunjungi Passeig de Gracia, Casa Milà, Casa Battló, Basílica de la Sagrada Familia dan pastinya ke Camp Nou untuk membeli berbagai oleh-oleh club bola kebanggaan warga Barcelona.

Setelah sarapan dengan menggunakan taxi aku menuju ke Passeig de Gracia. Sebuah jalan besar yang dipenuhi dengan beragam butik-butik yang menjual barang mewah. 

Aku menyusuri bangunan demi bangunan dengan model yang berdesain unik dan bercita rasa seni tinggi. Mengagumi desainnya yang spektakuler. 
Casa Milà atau biasa disebut La Padrera adalah bangunan yang paling menarik perhatianku. Bangunan bergelombang hasil karya arsitek terkenal Antoni Gaudí ini telah dinyatakan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Bentuknya yang inovatif dan modern akan membuat siapapun berdecak kagum. Sungguh mahakarya yang luarbiasa!

Casa Milà, Barcelona

Casa Milà, Barcelona

Hari mulai siang, aku melanjutkan perjalanan menuju ke Basílica de la Sagrada Familia.

Setiba di La Sagrada Familia hari sudah mulai siang. Aku melewati beberapa Cafe menarik dan ingin mampir sejenak untuk minum kopi dan makan tiramisu kesukaanku. 
Seperti biasa aku lebih suka duduk di teras sambil menikmati udara siang yang agak berangin di Barcelona. 
Aku merasa sangat bahagia, tempat yang nyaman, pemandangan indah dan kesempurnaan tiramisu Italia yang lezat dengan secangkir capuccino. What a life, beib!

Tiramisu dan Capuccino favoritku

Rasanya enggan beranjak, pesona Cafe terlalu menarik bagiku. Antrian pengunjung Cafe yang akhirnya membuatku segera membayar makanan dan segera menuju ke La Sagrada Familia yang sudah berada didepan mata.
Aku memilih jalan berputar melewati taman sebelum sampai ke tujuan. Taman cantik dengan berbagai macam bunga warna warni yang ditata sedemikian rapi. Di tengah taman ada danau kecil dikelilingi pohon-pohon yang rindang. Aku berfoto sejenak mengabadikan momen ini.
Tepat di depan danau, La Sagrada Familia berdiri menjulang dengan indahnya. Aku tak berkedip menatapnya, sungguh menakjubkan!

La Sagrada Familia
La Sagrada Familia 
La Sagrada Familia

Gereja yang didesain oleh arsitek jenius Antonio Gaudí ini mulai dibangun pada tahun 1882 dan hingga kini masih terus dikerjakan. Rencananya keseluruhan pembangunan gereja akan selesai pada tahun 2026. Tepat dua abad setelah kematian sang maestro. 
Agak disayangkan karena begitu banyak alat-alat berat berada disekitar bangunan sehingga menutupi sebagian keindahan gereja ini. Ruang sempit juga menghambatku untuk mengambil foto-foto yang bagus karena ada pagar pembatas taman yang ditutupi pohon-pohon. Aku kurang puas dengan foto-foto di La Sagrada Familia. Seharusnya untuk bangunan sefantastis ini disediakan area yang luas agar pengunjung dan photografer dapat membuat foto dengan hasil yang memuaskan.

Akhirnya dengan perasaan sedikit kecewa aku beranjak pergi meninggalkan La Sagrada Familia menuju ke Camp Nou.
Perjalanan dari Sagrada Familia ke Camp Nou sekitar 10 menit dengan menggunakan taxi. Setiba di Camp Nou cuaca sangat panas dan antrian masuk sangat panjang. Tapi sudah kepalang tanggung, dan rasanya ada yang kurang jika ke Barcelona tidak mampir ke markasnya Barca yang sangat terkenal ini.

Akhirnya setelah membeli tiket dan ikut mengantri, aku masuk berkeliling ruangan demi ruangan dan naik ke stadionnya. Dari stadion aku kemudian masuk kembali ke dalam untuk melihat ruangan yang menyimpan berbagai piala kemenangan dan sejarah pahlawan bola Spanyol yang cemerlang. Keluar dari ruangan ini dilanjutkan dengan belanja cinderamata di tokonya yang super besar. Toko bertingkat tiga ini menjual aneka macam barang dengan logo Barca. Dari baju, jaket, celana, topi, tumbler, mug, boneka, asesoris, gantungan kunci dan masih banyak lagi. Saking besarnya lumayan pegal juga mengelilingi tokonya… Bahkan banyak pengunjung yang duduk-duduk di tangganya yang lebar. Setelah belanja, aku harus mengantri lagi membuat nomer dan nama pemain untuk kaos yang aku beli. Kemudian aku lebih memilih kembali dan beristirahat di hotel. Betul-betul sebuah hari yang mengesankan…

Camp Nou

Belanja Cinderamata di Camp Nou

TIPS MENGHINDARI TINDAKAN KRIMINAL SAAT TRAVELING

Tips ini saya tulis karena pernah punya pengalaman tidak menyenangkan selama traveling. Dari ditipu, kemalingan hingga tindakan kriminal lain yang harus melewaati proses hukum. Kejadian yang paling sering dialami oleh traveler adalah kemalingan. Tentunya menyebalkan sekali… Apalagi jika bepergian sendiri kemudian tas beserta dompet, paspor dan barang-barang penting lainnya hilang dalam perjalanan. Dunia rasanya mau kiamat!

Dulu waktu masih kuliah di Paris, saya pernah mengalami kemalingan saat traveling ke London, UK. Dari uang sampai CC hilang semua… Padahal semuanya berada dalam tas pinggang yang sedang saya gunakan. Akhirnya saya menelepon orangtua minta dikirimi biaya. Itu pun butuh waktu dan prosesnya cukup merepotkan karena jaman dulu teknologi belum secanggih sekarang… Belum ada ponsel dan tidak bisa online lewat internet. Akhirnya orangtua mengirimi ke rekening di Paris, sementara saya masih berada di London. Untungnya saat itu hotel sudah dibayar duluan, dan tiket untuk kembali masih ada karena saya sudah beli satu paket tiket PP dan hotel di sebuah travel di Paris. Bagaimanapun saat itu saya bersyukur masih punya tiket kembali. 

Kalau tidak punya pengalaman langsung kena tipu muslihat dan kemalingan, mungkin saya tidak bisa menulis ini. Rasanya sampai bosan berkali-kali dimalingi, dan selalu ada trik baru dari maling-maling tersebut… Malingnya pun beraneka model, dari yang profesional, newbie, sampai yang pakai modus lewat bujuk rayu dan janji-janji hehehee… Yaa mungkin namanya juga usaha…

Jadi sekarang saya punya penangkal yang cukup jitu. Lumayan berhasil tidak pernah kecurian dompet lagi…
Saya akan memberi tahu tipsnya supaya tidak kemalingan saat traveling. Tips ini jika traveling sendirian bisa membantu menghindari tangan-tangan nakal sang pencuri. Ngga lucu dong misalnya lagi sendiri traveling di Kasovo yang jauh dari manapun tiba-tiba dompet beserta isi-isinya lenyap tak bersisa… Wah gawat!

Saat traveling saya selalu membawa minimal 2 dompet. Dompet yang paling bagus, isinya paling sedikit. Saya meletakkan uang secukupnya saja. Lalu saya punya dompet rahasia yang bentuknya nggak menarik untuk meletakkan segala macam kartu dan uang cadangan saya. Masih ada dompet ketiga untuk paspor dan cadangan uang lainnya. Kalau melihat dompet ketiga pasti malingnya ilfil duluan mau ngambil hahahaa… 

Jadi intinya semua dibuat terpisah biar ngga sedih-sedih amat kalau seandainya mengalami kejadian yang tidak menyenangkan.

Pelajaran yang bisa diambil adalah:

1. Jangan Menyimpan Uang Disatu Tempat
2. Fotocopy Paspor dan Surat-Surat Penting
3. Jangan Kelihatan Lugu sehingga memancing orang untuk menipu anda.
4. Waspada dan tetap jaga jarak dengan orang lain di keramaian. Jika tidak memungkinkan awasi terus tas, atau tas pinggang yang anda.

Terkadang ada orang yang pura-pura mendatangi, dan dengan manisnya menawari bantuan. Misalnya memotret kita, lalu mengikuti dan melancarkan serangan gombal. Tipe seperti ini juga harus diwaspadai.
Di Maroko, ada yang menawarkan memotret, lalu seakan secara suka rela menjadi guide, ujung-ujungnya memaksa minta duit. Jadi kalau tidak ingin tertipu, harus waspada dan bersikap tegas sejak awal. Lebih baik katakan; “Tidak, Terimakasih!” lalu tinggalkan.

Kenapa tetap harus mengatakan “Terimakasih” diakhir kalimat? Karena bagaimana pun mereka sudah berusaha menawarkan bantuan.

Dan mereka juga “Bekerja Secara Berkelompok”. Cara ini mirip dengan yang dilakukan oleh sekelompok imigran yang berada di sekitar Menara Eiffel Paris. Jadi saran saya, cara menolak yang sopan tetap harus digunakan untuk mencegah temannya yang lain mengganggu anda.

Jika tidak mau berurusan sama sekali, gelengkan saja kepala tanda tidak mengerti maksudnya, atau katakan tidak mengerti bahasanya (menggunakan bahasa Indonesia), lalu segera tinggalkan tempat tersebut.

Cara ini pernah saya praktekkan dan berhasil lolos dari penjual barang palsu ilegal di sekitar tempat wisata yang memaksa-maksa membeli dagangannya.

Baju sexy asal…

Di Barat memakai pakaian dengan model apa saja tidak akan dipelototi orang, begitu juga jika menggunakan pakaian dengan model yang seksi. Berbeda dengan disini yang memakai pakaian seksi kesannya menggoda dan dipelototin orang, bahkan terkadang disuitin jika berpakaian yang mencolok mata di muka umum.
Saya hampir tidak pernah melihat orang digoda hanya karena pakaiannya saat berada di luar negri. Biasanya yang memancing godaan itu dari body langue dan attitudenya.

Bodylangue sudah oke, attitude juga baik, tapi masih digodain? Berarti anda bertemu dengan orang yang tidak baik, dan saatnya harus menyalakan alarm kewaspadaan.
Bukan tidak mungkin saat anda lengah, “teman-temannya” yang lain akan mengerjai anda. Mencuri barang-barang disaat anda terperangkap pembicaraan gombal penuh basa basi. Pencurian secara berkelompok menggunakan berbagai trik ini banyak terjadi dimana-mana. Biasanya, mereka mulai mengawasi dari ujung jalan. Kemudian melalui sarana telepon memberi kode pada teman-temanya yang berada di tengah dan ujung jalan yang dilalui oleh target. Yang harus dilakukan jika anda merasa diintai adalah memutar, atau tidak melalui jalan yang umum. Usahakan selalu berjalan di dekat keramaian dengan tetap menjaga jarak aman. Kalau anda merasa tidak nyaman, lebih baik dibatalkan saja dan mengganti tujuan ke objek wisata lain.

Serapat apapun pakaian yang dipakai, segalak apapun muka, tetap tidak menjamin akan terhindar dari tindakan kriminal, misalnya perkosaan jika berjalan sendirian di daerah berbahaya. Untuk itu hindari berjalan sendirian di daerah yang rawan dan sepi terutama pada malam hari.
Jika terpaksa harus melewati daerah yang rawan kriminal, usahakan bergabung atau berada dekat rombongan yang ramai.
Tetapi adakalanya kita tidak tahu bahwa daerah tersebut rawan kriminal dan sudah terlanjur berada sendirian disana pada malam hari. Maka seandainya bertemu dengan orang yang bermaksud jahat, anda harus segera berjalan cepat ke arah keramaian tanpa berbicara, atau jika sangat terdesak jawab dengan tegas orang yang berniat jahat pada anda.

Kejadian terakhir yang saya alami di Prague, Czech akhir Desember tahun 2015 (saya sudah pernah menuliskan ini di tulisan sebelumnya). Ketika itu saya terburu-buru karena hari sudah malam. Saya memberhentikan taxi tidak pada tempatnya, karena seharusnya mengambil di tempat parkir khusus taxi. Akibatnya saya dirampok secara paksa menyerahkan seluruh mata uang Czech, setelah itu diturunkan di tempat sepi. Kebayang dong winter dinginnya seperti apa jam 12 malam, pakai sepatu boot hak tinggi pula… Akhirnya saya mencari stasiun kereta terdekat untuk mengambil uang lewat mesin ATM, kemudian jalan kaki menuju hotel karena tidak berani lagi naik taxi malam-malam. Saat itu saya tidak naik kereta karena tidak mengerti rutenya, dan suasana stasiun sudah sangat sepi. Pilihan berjalan kaki karena di jalan raya masih ramai, cafe dan restaurant masih pada buka. Bahkan saya sempat mampir untuk minum kopi untuk menghilangkan shock atas kejadian yang baru berlangsung.

Tips Untuk Menghindari Tindakan Kriminal

1. Selalu hati-hati dan waspada

2. Menjaga dan memperhatikan tas serta dompet yang dibawa

3. Reflek dan sensitif terhadap keadaan sekitar.
4. Percaya diri dan bersikap tenang
5. Harus tegas
6. Hindari tempat sepi dan tempat gelap
 pada malam hari
7. Hindari tempat yang terlalu ramai
8. Berjalanlah disamping kerumunan, dengan berjalan terpisah jika terjadi sesuatu mudah terlihat oleh yang lain.
9. Tidak perlu meladeni percakapan orang yang mencurigakan.
10. Jika mencari taxi harus di tempat khusus taxi. Jangan mengambil taxi di jalan, atau taxi yang parkir terpisah dari taxi lainnya. Taxi liar biasanya tanpa argo, dan mereka akan memalak dengan harga berkali lipat.
11. Gunakan 1 item berwarna terang pada malam hari, terutama jika anda traveling sendirian. Misalnya syal, tas, asesoris, dsbnya. Warna terang menarik perhatian sehingga pelaku kriminal berpikir 2 kali sebelum melakukan aksinya.

Dengan berbagi pengalaman dan tips, semoga pembaca yang membaca tulisan ini tidak mengalami nasib tragis kemalingan, termasuk kemalingan hati… Uupps! Dan tentunya bisa lebih hati-hati lagi untuk menghindari tindakan kriminal selama traveling. 

Coffee Time


Coffee Time

Coffee is a lot more than just a drink; it’s something happening. Not as in hip, but like an event, a place to be, but not like a location, but like somewhere within yourself. It gives you time, but not actual hours or minutes, but a chance to be, like be yourself, and have a second cup. 
-Gertrude Stein-
Selected Writings

MASYARAKAT YANG MUDAH MARAH

Saat ini, setiap hari dari pagi sampai malam di tv, di koran isinya berita kekerasan dan kekerasan lagi. Marah dan stress begitulah masyarakat kita saat ini.

Umumnya, kegiatan kita setelah tiba dirumah yang harusnya bisa santai dan happy jadi marah dan stress setelah menonton tv dan baca berita yang sungguh memilukan…

Mau dengerin musik, alamaakkk… lagu-lagunya pada melo jadi tambah galau dehh… Makin sensiii… Iya nggak ??

Bukannya tidak peduli, tapi seberat apapun masalah, pikiran harus tetap tenang dan sehat. Jadi kita juga bisa menyelesaikan masalah dengan cara damai, tenang dan mendahulukan akal sehat.

Sekedar berbagi saja ya teman-teman…

Bulan Juli Agustus tahun lalu saya ke Shanghai, China.

Disana masyarakatnya tidak berbeda jauh dengan kita, bekerja keras dan gajinya kecil. Tapi yang membuat saya heran, mereka terlihat bahagia dan tidak mudah marah apalagi stress.

Saya berpikir, mungkin ini ada hubungannya dengan gaya hidup masyarakat disana. Menurut seorang teman yang telah tinggal selama 11 tahun di Shanghai, mereka bekerja dari pagi sampai sore, istirahat lalu malamnya mereka berkumpul di taman-taman yang jumlahnya banyak sekali. Disana laki-laki, perempuan, remaja dan anak-anak kecil bersuka ria. Para orangtua dan remaja melakukan senam diiringi irama musik yang ceria dan berdentam keras, anak-anak dengan teman-temannya bermain sepatu roda dan permainan lainnya.

Ini mereka lakukan setiap malam lho… Disetiap apartemen dan perumahan ada area berkumpul dan tamannya, bahkan di halaman mal pun kalau malam dijadikan area kumpul-kumpul dan senam. Itu belum termasuk jumlah taman publik yang nyaris di setiap 1 km juga ada. Dimana-mana !! Kalau maghrib tiba semua pada keluar rumah dan senam ! Haduuhhh…

Oiya ibu-ibu hamil dan punya anak kecil juga datang sambil dorong kereta bayinya, biasanya ibu-ibu yang ini ngerumpi sambil menemani suaminya yang asyik bersenam.

Disana panti pijat dan SPA juga tersebar banyak sekali. Dari panti pijat beneran sampai panti pijat bo’ongan (please, kalau yang ini enggak banget deh !!)

Buat yang lagi malas senam bisa masuk kesini dan dipijit sampai capai dan stress hilang.
Beberapa hal yang bisa saya ambil hikmahnya adalah :
1. Setelah seharian sibuk bekerja, setelah itu berkumpul dengan tetangga dan bersenam bersama, membuat pikiran plong, emosi dan stress hilang tersalurkan dengan olahraga senam yang bikin happy.

Bonusnya badan sehat dan langsing, jauh dari aneka penyakit.
2. Komunitas di setiap area perumahan/apartemen menjadi akrab. Saling mengenal sama lain. Rasa peduli jadi besar, saling menjaga satu sama lain, bersosialisasi dengan baik dan semakin kompak warganya.
3. Bisa meminimalisir kejahatan yang terjadi di sekitar lingkungan mereka. Walaupun keamanan ada di setiap perumahan/apartemen tapi kuatnya ikatan komunitas ini bisa saling membantu bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Shanghai merupakan satu dari kota teraman di dunia. Tingkat kejahatan disana sangat rendah, ibaratnya anda bisa berjalan kaki sendirian jam tiga malam tanpa gangguan apapun.
4. Murah meriah tidak pakai biaya karena instruktur senamnya gantian diantara mereka dan tujuan utamanya adalah berkumpul, sehat dan bahagia bersama. Kita yang lewat disana pun kalau ingin gabung boleh-boleh saja, siapapun boleh ikutan.
5. Masyarakat kota Shanghai suka makan diluar. Sambil olahraga mereka juga makan diluar rumah dan banyak makanan enak dan murah tersebar dimana-mana.
Apa yang saya tulis diatas adalah beberapa hal positif yang saya temui. Hal negatif juga pasti ada, tapi saya pikir lebih baik fokus pada hal yang positif daripada rumpi dan su’uzon. Toh setiap tempat pasti ada kekurangan dan kelebihannya.
Saya membayangkan, seandainya di lingkungan tempat tinggal atau di kampus kita bisa melakukan hal yang sama, pasti menyenangkan.

Di lingkungan perumahan/ apartemen, kadang tetangga sebelah aja kita ngga kenal siapa. Walaupun ada fasilitas olahraga tapi berkesan formal dan jauh dari suasana akrab dan kekeluargaan diantara warganya. Bertegur sapa hanya seperlunya dan sekedar basa basi saja. Sekalinya emosi, meledak deehhh…. Marah… Marahh…

Mending senam deh…

Yuuukkk aahhh…..